Cara Mengobati Penyakit Jantung untuk Hasil Maksimal

Mengetahui penyebab, gejala, dan pencegahan penyakit jantung memang sangat penting. Dengan memahami apa yang sedang terjadi dengan tubuh kita, kita dapat menanganinya dengan lebih terarah dan tepat sasaran. Namun mengetahui cara penanganan dan pengobatan penyakit jantung juga tidak kalah pentingnya. Dengan pengobatan yang tepat dan efektif, manfaat yang dirasakan tubuh juga lebih maksimal.

Penanganan Pertama Serangan Jantung

Cara Mengobati Penyakit Jantung

Ketika penyakit jantung mulai menunjukkan serangannya, yang paling diperlukan adalah penanganan yang tepat sebelum kemudian diberikan pengobatan lebih lanjut. Berikut beberapa tips menangani penderita penyakit jantung :
1. Cari bantuan
Bagaimanapun, tenaga medis mengetahui cara terbaik dan professional dalam menangani penyakit jantung. Segera cari bantuan atau hubungi rumah sakit terdekat untuk mendapat penanganan pertama.
2. Tenang
Selain harus bersikap tenang tapi cekatan, perlu juga membantu menenangkan penderita agar tidak memperparah serangan yang dialami
3. Aspirin
Jika penderita mengonsumsi aspirin, berikan aspirin untuk mengurangi nyeri yang dirasakan.
4. CPR
Pertolongan ini dapat dilakukan ketika penderita dalam kondisi tidak sadarkan diri. Hal ini dilakukan untuk menstimulasi jantung agar kembali memompa darah. Pelajari dengan baik bagaimana melakukan CPr, karena tindakan ini dapat menyelamatkan banyak nyawa yang terancam bahaya saat mengalami serangan jantung.

Cara Mengobati Penyakit Jantung

Konsumsi Obat-obatan Jantung koroner
Secara medis, terdapat berbagai jenis obat yang biasa diresepkan oleh dokter bagi penderita penyakit jantung, seperti :
1. Antiplatelet
2. Beta-blocker
3. Nitrat
4. Ranolazine
5. Ivabradine
6. Calcium-channel blocker

Pengobatan herbal untuk Penyakit Jantung dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami di sekitar untuk dijadikan obat herbal jantung koroner, seperti :
1. Bawang putih
2. Temu putih
3. Teh hijau
4. Temu giring
5. Kunyit

Macam Operasi Jantung

1. Operasi jantung bypass
Operasi ini dilakukan dengan jalan membuat saluran pintas (graft) yang diambil dari pembuluh darah kaki ataupun dada pada pembuluh darah jantung yang mengalami penyempitan. Melalui operasi ini, dibuatkan aliran lain yang menggantikan aliran darah lama yang tersumbat ataupun menyempit.
Tujuan : Memperbaiki aliran darah
Persiapan :
• Pemeriksaan rutin
• Puasa
• Pertimbangan dokter
Perawatan :
• Perawatan di ICU
• Pelatihan fisik ringan
• Rawat jalan

2. Transplantasi Jantung
Dalam operasi ini, jantung seseorang akan digantikan oleh jantung orang lain yang masih dalam kondisi baik. Operasi ini tergolong beresiko tinggi dan hanya dilakukan bila sudah tidak ada jalan lain, atau dengan kata lain sudah terlalu parah.
3. Operasi pemasangan ring
Operasi ini dilakukan dengan memasang ring melalui selang kecil ke dalam tungkai dan lengan
Tujuan : Mengatasi penyumbatan sehingga aliran darah kembali lancar.
Persiapan :
• Puasa
• Pemeriksaan rutin
Perawatan :
• Gaya hidup sehat

Mencegah suatu penyakit memang lebih baik disbanding mengobati, tetapi ketika keadaan sudah tidak memungkinkan, mengobati juga tak kalah pentingnya. Penanganan dan pengobatan yang tepat dapat berpengaruh besar dalam proses pemulihan penderita penyakit jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *