EVAPORATOR AC MOBIL

EVAPORATOR ADALAH BAGIAN PENTING DARI SISTEM AC MOBIL ANDA sudah

Evaporator, juga kadang-kadang disebut sebagai inti evaporator, adalah salah satu dari dua (mungkin tiga) penukar panas dalam sistem AC mobil . Pada mobil penumpang atau truk pikap biasa, evaporator biasanya terletak di dalam kompartemen penumpang, cukup sering terkubur dalam atau di bawah panel instrumen. Beberapa kendaraan, biasanya van atau SUV, memiliki dua evaporator; satu di bawah panel instrumen, atau di tempat lain di bagian depan kendaraan, dan satu lagi yang terletak di atau ke arah belakang kendaraan. Evaporator ac mobil belakang sering terletak di belakang panel samping atau di langit-langit di atas penumpang belakang.

Evaporator biasanya terbuat dari aluminium. Alat ini terlihat seperti, dan pada kenyataannya, mirip dengan radiator, hanya lebih tebal dan lebih kecil dalam ukuran keseluruhan. Seperti radiator, evaporator terdiri dari serangkaian tabung internal atau “jalur aliran” dengan sirip yang melekat padanya. Udara bisa lewat dengan bebas melalui sirip, seperti radiator. Tapi tidak seperti radiator, di mana tabung internal membawa pendingin mesin bergerak, bagian-bagian di evaporator membawa cairan atau refrigeran ac yang bergerak. Ketika banyak orang berbicara tentang refrigeran, mereka menyebutnya dengan nama merek yang paling populer dari tahun lalu, “Freon, atau R-12. Di banyak negara , Freon ™ / R-12 adalah jenis refrigeran yang digunakan dalam sistem AC mobil sampai sekitar tahun 1994 – 2000, tetapi diganti dengan refrigeran yang berbeda di semua kendaraan setelah model tahun 1995. Refrigeran baru adalah HFC-134a (atau R-134a).

Tetapi kembali ke istilah penukar panas, apa artinya itu?

Dalam sistem AC mobile, refrigeran dingin bertekanan rendah masuk ke evaporator. Udara hangat dari interior kendaraan melewati evaporator oleh aksi kipas blower. Karena itu adalah fakta alam bahwa panas selalu bergerak dari daerah yang lebih hangat ke daerah yang lebih dingin, refrigeran dingin yang mengalir di dalam evaporator menyerap panas dari udara hangat. Pada saat yang sama, kelembaban di udara mengembun di permukaan evaporator yang dingin, lalu akhirnya menetes keluar dari tabung pembuangan ke luar kendaraan (pikirkan bagaimana uap air terbentuk pada botol dingin soda pop pada hari yang lembab dan membentuk genangan pada meja dapur Anda). Inilah mengapa Anda melihat air menetes di bawah mobil ketika AC menyala. Setelah refrigeran (sekarang sedikit lebih hangat) telah menyelesaikan jalurnya melalui evaporator, ia bergerak ke kompresor.

Jadi, seperti yang Anda lihat, pendingin ruangan tidak benar-benar mendinginkan bagian dalam kendaraan. Apa yang sebenarnya adalah menghilangkan panas dan kelembaban dari itu.

Evaporator bisa agak dibandingkan dengan inti pemanas yang bekerja secara terbalik:

Keduanya terletak di dalam kompartemen penumpang, seringkali dalam jarak yang sangat dekat, atau bahkan di dalam rumah yang sama di bawah dashboard.

Inti pemanas memiliki pendingin mesin panas yang mengalir melaluinya, membawa panas dari mesin ke bagian dalam kendaraan, di mana ia didistribusikan oleh kipas blower.

Evaporator memiliki refrigeran dingin yang mengalir melaluinya, yang menyerap panas kompartemen penumpang saat kipas blower menggerakkan udara hangat di atasnya.

Bermasalah dengan evaporator ac mobil Anda?

Kerusakan evaporator biasanya dapat disimpulkan yang banyak terjadi adalah kebocoran. Kebocoran dapat terjadi karena beberapa alasan berbeda. Biasanya, baik las lasan telah rusak, menciptakan titik kebocoran, atau korosi telah terjadi, menyebabkan kegagalan “luar-dalam”. Ini sering terjadi karena daun atau bahan organik lainnya masuk ke dalam kotak evaporator melalui ventilasi masuk udara luar dan bersentuhan dengan permukaan evaporator. Suasana lembab ini menyebabkan dekomposisi bahan organik, dan dapat membentuk zat korosif kaustik yang akhirnya dapat menembus permukaan evaporator. Zat-zat yang sama ini juga kadang-kadang bisa menimbulkan masalah bau di dalam kendaraan, paling terlihat ketika sistem pertama kali dioperasikan. Apapun jenis kerusakan evaporator, lebih baik harus diganti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *