Kemoterapi dan Kanker

kanker dan kemoterapi

Hasil dan destinasi dari sebuah proses kemoterapi dan kanker bisa berbeda-beda, tergantung pada jenis kanker dan stadiumnya. Berikut ialah tiga pencapaian utama penyembuhan kanker dengan kemoterapi.

  1. Menyembuhkan kanker

Memang ada beberapa kasus di mana kemoterapi berhasil membunuh sel kanker secara total. Hasil terbaiknya, sel kanker tidak bakal kembali lagi. Namun, tidak semua permasalahan selalu begitu. Lagi-lagi hal ini bisa ditinjau lagi pada seberapa parah kankernya dan di mana lokasinya.

  1. Mencegah dan mengendalikan penyebaran kanker

Jika kanker memang sulit disembuhkan, maka kemoterapi akan menahan perkembangan dan pembelahan sel-sel kanker itu sendiri. Hal ini akan membuat pasien hidup lebih lama dan lebih nyaman. Di samping itu, terdapat sejumlah kasus dimana kemoterapi tidak langsung sukses dilakukan dalam sekali percobaan.

  1. Meringankan gejala-gejala kanker

Ketika sel kanker sudah menyebar luas dan masuk stadium lanjut, kemoterapi dapat dilaksanakan untuk meringankan gejala-gejala kanker seperti rasa sakit, lemas, dan lain sebagainya. Dengan begitu, bertambahlah kualitas hidup pasien walaupun masih mengidap kanker. Perawatan ini dinamakan kemoterapi paliatif.

kanker dan kemoterapi

Jenis jenis Kemoterapi

  • Kemoterapi kuratif, yaitu penyembuhan kemoterapi yang ditujukan untuk memberantas serta menghancurkan seluruh sel kanker yang terdapat di dalam tubuh. Kemo ini dilakukan di tahap awal sekali dengan tujuan sebagai pengobatan total atas kanker yang diderita.
  • Kemoterapi adjuvan ialah kemoterapi yang biasa dilaksanakan setelahmengerjakan pengobatan kanker lainnya, laksana operasi atau radiasi. Cara ini bertujuan guna menghilangkan sisa-sisa sel kanker yang barangkali masih terbelakang dan belum dapat diatasi oleh penyembuhan sebelumnya.
  • Kemoterapi neoadjuvan, yakni kemoterapi yang diserahkan pada pasien sebelum mereka mengerjakan pengobatan lain. Hal ini dimaksudkan untuk memperkecil sel kanker dan tumor sehingga mudah dalam proses pengangkatan saat operasi dilakukan.
  • Kemoterapi paliatif, adalah jenis kemoterapi yang diserahkan pada pasien yang merasakan kanker dengan stadium lanjut. Tujuan dari kemoterapi paliatif ialah meringankan gejala yang ada serta menambah kualitas hidup pasien walau tidak menyembuhkan kankernya.

 

Itulah jenis-jenis kemoterapi beserta efeknya terhadap sel kanker yang sedang diobati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *